• Rincian Biaya Modal Perjuangan Bak Ikan Dan Keuntungannya

    Usaha bak ikan merupakan salah satu jenis perjuangan yang tak aneh lagi di pedesaan. Bisnis bak ikan menjadi salah satu mata pencaharian penduduk desa yang lebih banyak didominasi berprofesi sebagai petani ataupun peternak. Ada banyak ragam dari bisnis bak ikan ibarat usaha budidaya ikan nila, mujaer, gurame, lele sangkuriang, mas koi, cupang hias, bak pemancingan, dan lain-lain.

    Ternak Ikan yang Paling Menguntungkan
    Setiap penduduk desa biasanya memiliki bak ikan. Seperti penulis yang memiliki dua buah bak ikan berukuran besar. Dan dua buah bak ikan berukuran kecil. Namun untuk memulai perjuangan bak ikan, hal pertama yang harus dilakukan yaitu memilih bak hendak dipakai untuk budidaya ikan apa yang menguntungkan? Mengingat ada banyak ragam jenis ikan yang bisa diternakkan di bak ikan.

    Setiap orang pastinya bercita-cita menjadi pengusaha sukses. Walaupun dalam bidang sepele. Misalnya pengusaha yang berhasil dalam perjuangan bak ikan. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis di lapangan, ternyata perjuangan yang sangat menguntungkan dan cepat panen yaitu usaha bak ikan lele. Dalam sebulan seorang peternak lele bisa meraup untung hingga puluhan juta rupiah.
     Usaha bak ikan merupakan salah satu jenis perjuangan yang tak aneh lagi di pedesaan Rincian Biaya Modal Usaha Kolam Ikan dan Keuntungannya

    Usaha bak budidaya ikan lele bisa dilaksanakan dengan simpel dan simpel. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Dengan lahan sempit terbatas, bak ikan lele bisa dibangun menggunakan terpal plastik yang bisa dibeli di toko terpal terdekat dengan harga murah per meter. Dengan biaya murah, tapi laba sangat besar. Hal inilah yang menciptakan perjuangan bak ikan lele booming dan terkenal sangat sayang untuk dilewatkan. Jika anda tertarik membuka perjuangan bak ikan lele, mungkin anda bertanya-tanya kini berapa rincian biaya modal perjuangan bak ikan lele dan keuntungannya.

    Rincian Biaya Modal Usaha Kolam Ikan
    Berikut ini modal perjuangan pembuatan bak ikan lele atau jenis ikan lainnya yang perlu disediakan, antara lain:

    1. Terpal plastik harga Rp 700.000
    2. Gayung plastik harga Rp 10.000
    3. Selang dan bejana harga Rp 80.000
    4. Bambu atau kayu sebagai penopang bak terpal Rp 10.000

    Total modal perjuangan yang perlu dikeluarkan untuk biaya pembuatan bak ikan lele dan ikan lainnya sebesar Rp 800 ribu.

    Setelah berhasil mendirikan bak ikan lele, mujaer, nila, patin, ikan mas dll dari terpal, langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan modal perjuangan bagi biaya produksi yang mencakup:

    1. Pakan ikan untuk tiga bulan harga Rp 600.000
    2. Benih ikan lele atau ikan lain sebanyak 5000 ekor Rp 1 juta
    3. Upah karyawan Rp 900.000
    4. Vitamin dan obat-obatan bagi ikan harga Rp 150.000
    5. Biaya lain-lain Rp 350.000

    Makara modal perjuangan yang harus dipersiapkan untuk biaya produksi ikan lele dan ikan lain dari awal hingga final sebesar Rp 2 juta. Sehingga estimasi biaya modal usaha bak ikan lele atau jenis ikan lainnya yaitu biaya pembuatan bak ikan sebesar Rp 800 ribu ditambah biaya produksi sebesar Rp 2 juta. Maka biaya yang diharapkan untuk membuka perjuangan bak ikan lele dan ikan lainnya sebesar Rp 2.800.000.

    Keuntungan Usaha Kolam Ikan Lele
    Setelah menghitung rincian biaya modal perjuangan bak ikan lele dan ikan lainnya, selanjutnya menghitung laba yang bisa didapatkan dari bisnis ini. Karena termasuk jenis ikan yang cepat panen dalam waktu singkat sekitar dua bulan hingga tiga bulan maka laba perjuangan bak ikan lele bisa dihitung secara mudah.

    Dari 5000 benih lele itu dalam waktu tiga bulan akan menjadi besar dan siap panen. Adapun prosentase ikan lele yang mati sebesar 20 persen. Sehingga ikan lele yang masih hidup sebesar 80 persen. Kemudian 80 persen dikalikan jumlah benih ikan lele sebanyak 5000 ekor. Hasilnya 4000 ekor ikan lele yang hidup dan siap panen.

    Diumpamakan dalam satu kilogram terdapat enam ekor ikan lele maka 4000 dibagi 6 = 666 kg. Makara hasil panen ikan lele dalam waktu tiga bulan kurang sebesar 666 kilogram. Jika harga satu kilogram ikan lele yaitu Rp 10 ribu maka laba kotor yang bisa kita terima sebesar Rp. 6.660.000 (666 kg x 10.000). Dipotong biaya modal perjuangan pembuatan bak ikan lele dan biaya produksi sebesar Rp 2.800.000 maka laba higienis yang bisa teman dapatkan sebesar Rp 3.860.000. Bagaimana tidak mengecewakan bukan?

    Keuntungan di atas yaitu citra perjuangan bak ikan lele dan ikan lain menggunakan terpal plastik. Jika anda memiliki bak ikan yang sudah siap tentu biaya modal perjuangan lebih kecil lagi dan laba lebih besar lagi. Mengingat harga barang atau ikan di setiap tempat berbeda maka laba di atas bukanlah hal mutlak. Sewaktu-waktu bisa berubah diubahsuaikan dengan kondisi setempat.

    Bisa dibilang perjuangan bak ikan lele merupakan salah satu jenis perjuangan yang paling menguntungkan dalam bidang perikanan. Ditambah lagi modal perjuangan yang dikeluarkan tidaklah besar. Namun laba sangat besar. Budidaya ikan lele di bak terpal sangat cocok dijalankan seorang ibu rumahtangga, petani, peternak, pedagang, pengusaha, mahasiswa, pelajar dll disamping waktu luang mereka.

    Makara anda jangan ragu lagi untuk memulai perjuangan bak ikan lele atau jenis ikan lainnya yang niscaya akan sangat menjanjikan. Yang penting mencoba dulu. Keberhasilan perjuangan bak ikan lele akan didapatkan seiring bertambah banyak pengalaman, pengetahuan dan praktek. Kuncinya yaitu jangan pernah menyerah, rajin, telaten, disiplin dan konsisten. Apalagi cara menjual ikan lele sangat mudah. Pangsa pasar terbuka luas. Bahkan seruan terhadap ikan lele masih tinggi dan belum bisa dipenuhi oleh para peternak ikan lele di Indonesia.

    Usaha Kolam Ikan Pemancingan
    Jenis perjuangan lainnya yang bisa dilakukan dari perjuangan bak ikan yaitu bisnis bak pemancingan yang biasa kita temui di aneka macam tempat di Indonesia. Bisnis ini tidak pernah sepi konsumen selama dikelola secara baik dan nyaman. Adapun jenis ikan yang bisa disimpan dalam bak hampir semua ikan. Karena semua ikan intinya bisa dipancing ibarat ikan nila, lele, mujaer, gurame, bawal, ikan mas koi, patin, dll. Anda bisa membudidayakan ikan secara adonan atau satu jenis.

    Pada suatu hari bersama keluarga tercinta penulis jalan-jalan atau wisata ke tempat Lembang. Di sana tampak banyak permainan, rumah makan dan bak pemancingan. Tercetuslah inspirasi untuk membuka bak pemancingan ikan di desa mengingat lahan dan lingkungan sangat mendukung. Prospek perjuangan bak pemancingan ikan dikatakan sangat menjanjikan. Karena jumlah peminatnya tidak mengecewakan besar dari kalangan anak anak hingga orang dewasa.

    Siapa sih yang tidak mengenal acara memancing? Setiap orang mengenalnya  bahkan menjadi salah satu hobinya di waktu luang. Kegiatan memancing ikan termasuk aktifitas yang disukai banyak orang dari semua kalangan. Hal inilah yang mengakibatkan peluang usaha bak pemancingan ikan yang menjanjikan sekali. Dan menurut pengamatan penulis, setiap orang suka memancing ikan terutama anak anak. Kegiatan memancing bisa dilakukan di laut, danau, sungai, dan kolam.

    Usaha bak ikan pemancingan akan mengalami masa laku anggun ketika final pekan atau pada ketika liburan ibarat pada hari Minggu atau Sabtu dan hari besar nasional. Tempat ini menjadi lokasi wisata favorit banyak orang yang hobi rekreasi dan memancing dari bawah umur hingga orang dewasa. Kolam pemancingan ikan akan selalu ramai pengunjung kalau dikombinasikan dengan perjuangan wisata keluarga lainnya. Seperti rumah makan lesehan, taman hiburan permainan outdoor, kolam renang dll yang pernah penulis saksikan di alam wisata cimahi jalan kolonel masturi Jawa Barat.

    Untuk membuka usaha bak ikan pemancingan yang lengkap dan profesional dibutuhkan modal besar. Bisa saja anda membuka perjuangan bak pemancingan ikan secara sederhana. Tapi itu ke depannya kurang baik prospeknya. Hal ini dialami oleh beberapa bak pemancingan ikan di aneka macam tempat di nusantara yang banyak mengalami gulung tikar atau bangkrut.

    Pendek kata, anda perlu mendesain perjuangan bak ikan pemancingan dengan lahan yang luas biar pengunjung terlihat nyaman dan betah dilengkapi dengan akomodasi tempat wisata lainnya. Apabila teman telah memiliki lahan tanah yang luas ibarat penulis maka biaya modal perjuangan bak ikan pemancingan menjadi lebih kecil. Hanya perlu membangun gedung atau atap bagi bak pemancingan ikan.

    Cara Membuka Usaha Kolam Ikan Pemancingan
    Berikut ini hal-hal yang perlu teman persiapkan dalam membuka perjuangan bak pemancingan ikan, antara lain:

    ? Lokasi pemancingan yang tidak mengecewakan luas. Hal ini dibutuhkan untuk melengkapi dengan akomodasi lainnya semisal tempat parkir, kamar mandi, mushola, bangunan perjuangan restoran atau rumah makan bagi berteduh para pemancing, tempat permainan anak, dan lain sebagainya

    ? Tempat bak pemancingan ikan dianjurkan berada di tempat strategis dengan udara sejuk dan dengan view pemandangan alam yang sangat indah menawan. Hal ini menjadi nilai plus atau keunggulan tersendiri. Dan dijamin banyak pelanggan yang tiba dari kalangan anak-anak, keluarga hingga institusi.

    ? Promosi perjuangan bak pemancingan ikan teman bisa dilakukan dengan cara membuatkan brosur, memasang banner, spanduk atau memasang iklan di radio atau surat kabar setempat. Selain itu, sanggup pula diadakan lomba memancing dengan hadiah yang sangat menarik.

    Sumber JASA SITUS WEB BLOG MURAH
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13